Rabu, 15 Mei 2013

Berikut ini cara membuat anak berbakti kepada orang tua

Berikut ini cara membuat anak berbakti kepada orang tua:
1. Hormati Anak Layaknya Orang Dewasa.
Setiap orangtua tentu ingin anaknya tumbuh sebagai anak yang berbudi, dan salah satu indikator yang kerap dijadikan ukuran anak berpekerti baik adalah mereka yang menghormati orang tua. Namun, kerap kali orangtua atau orang dewasa pada umumnya luput untuk juga menghormati anak. Sikap hormat selama ini selalu diidentikan dengan menghormati orang yang lebih dewasa.
2. Mulailah Menghormati Hak-Hak Anak.
Jika anda ingin sang anak memiliki sikap hormat, mulailah dengan menghormati hak-hak anak. Beri ia ruang dan kebebasan dalam bereksplorasi sejauh itu dalam koridor yang benar. Hormati hak berbicara anak dengan senantiasa memberinya kesempatan untuk mengungkapkan gagasan dan keinginannya. seta berikan mereka kesempatan untuk berkembang tanpa ikut campur kita sebagai orang tua sepanjang hal yang dilakukanya adalah hal yang positif
3. Berikan Contoh Etika Menghormati
Ini harus dilakukan karena anak adalah Great Imitator atau peniru yang ulung. Apa yang orang dewasa lakukan, maka anak memiliki kemampuan untuk menirunya. Jika anda orangtua yang senantiasa menjaga sikap hormat kepada orang lain, niscaya sang anak pun akan tumbuh dengan sikap yang Anda contohkan.
 4. Bersikap Tegas Dan Dapat Dipercaya.
Tegaslah dengan apa yang Anda ucapkan. Jika Anda melarang atau meminta anak melakukan sesuatu beri ia alasan yang benar serta beri ia ketegasan.
5. Bersikaplah Terus Terang Kepada Anak.
Katakan pada anak Anda sesuatu yang semestinya mereka ketahui, beri ia penjelasan mengenai sesuatu. Jika anak menanyakan satu hal dan Anda tidak mengetahui jawabannya, ada baiknya Anda mengatakan hal yang sebenarnya dan mengajak anak mencari tahu jawabannya bersama-sama. Sikap ini akan lebih dihargai anak ketimbang Anda pura-pura tahu.
6. Jangan Berbohong Kepada Anak Atau Memperdayainya.
Sebab, tindakan orangtua seperti itu dapat mendorong anak untuk tidak menghargai orangtua beserta aturannya.
7. Kembangkan Pengetahuan Agama Dan Budi Pekerti Anak.
Dengan demikian, anak yang kita didik akan terus berprilaku condong ke arah yang positif, ibaratnya memberikan tumbukan pupuk yang segar, sehingga hasil yang akan didapatpun akan bagus.
8. Berani Meminta Maaf Atas Kesalahan Yang Dilakukan Terhadap Anak.
Jangan takut meminta maaf atas kesalahan yang Anda lakukan, karena dengan demikian anak akan menghargai sikap Anda serta mencontoh perilaku ini jika ia melakukan kesalahan.
9. Ungkapkan Kasih Sayang Anda.
Anak yang tumbuh dengan ekspresi kasih sayang orangtua akan memiliki sikap yang ekspresif dalam mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya. Gagasannya akan sesuatu, kritis dengan lingkungan sekitar, dan sikapnya dalam menghormati sesama.
Semoga bermanfaat dan semoga Anak kita menjadi manusia yang suka menghormati orang lain. Inilah salah satu budi pekerti luhur.
Refrensi : sebartips dan jagatmotivasi.com

4 komentar: