Rabu, 15 Mei 2013


SATUAN LAYANAN INFORMASI

1.      Topik Permasalahan/Bahasan              : Langkah Merencanakan Masa Depan
2.      Bidang Bimbingan                              : Bimbingan Pribadi dan sosial
3.      Jenis Layanan                                      : Informasi
4.      Fungsi Layanan                                   : Pemahaman dan Pengembangan
5.      Tugas Perkembangan                          : Memantapkan diri untuk menyongsong masa                                                             depan.
6.      Kompetensi Dasar                               : a.Siswa memahami tentang langkah-langkah                                                                  merencanakan Masa Depan.
                                                               b.Siswa mampu mengenal tentang Bakat,                                                                     Minat, sikap , Dan kemampuan , yang ada                                                                 pada dirinya untuk merencanakan Masa                                                                       depan.
7.      Tujuan/hasil yang ingin dicapai           : -  siswa mampu memahami bagaimana dirinya                                                                sendiri sebagai acuan merencanakan masa                                                                  depannya.
8.      Sasaran Layanan                                 : Siswa/siswi kelasVII
9.      Uraian Kegiatan                                  :          
·       Penyampaian materi mengenai perencanaan masa depan
·       Tanya jawab
·       Simulasi mengenai bagaimana mengenal diri sendiri dalam merencanakan   masa depan.
·       Ice breaking ( asah konsentrasi)
·       Pemberian kata-kata motivasi
10.  Metode                                                : Ceramah
11.  Tempat Layanan                                 : Aula Sekolah
12.  Waktu Hari/Tgl                                   : 40 menit / jum’at,
13.  Penyelenggara                                     : Guru BK
14.  Pihak yang ikut serta                           : GuruBK/Wali Kelas/Guru Mata Pelajaran dan                                                            Siswa
15.  Alat/Sarana                                         : LCD, proyektor, power point, dan buku modul                                                          merencanakan masa depan
16.  Rencana Penilaian                               :
  • Penilaian Segera                      : menanyakan pemahaman siswa mengenai materi                                                       yang disampaikan.
  • Penilaian Jangka Pendek         : Mengamati bagaimana mereka melaksanaan                                                              pemahaman materi yg dsampaikan,
  • Penilaian Jangka Panjang        : Melihat sejauh mna mereka merencanakan masa                                                        depan.
17.  Tindak Lanjut                         : Diharapkan siswa dapat merencanakan bagaimana                                                   Masa depan yang dinginkan dan dibutuhkan                                                             dirinya.
18.  Layanan Pendukung   : -
19.  Catatan Selama Layanan        :

Mengetahui:                                                                                         Tegal, 27 maret 2013

Kepala Sekolah




.............................................
Perencana Layanan/Guru BK




..................................................

2 komentar: